Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Rabu, 02 Juli 2014 by Desstya Hilda Winarso in


Nama Sekolah            :
Kelas/Semester           : 1 / 1
Tema/Subtema           : Kegemaranku (2)/ Gemar Berolahraga (1)
Pembelajaran ke        : 5
Alokasi Waktu           :
A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.1  Mengenal teks deskriptif  tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1  Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Matematika
3.5  Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)

PJOK
4.1.   Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

SBDP
4.7  Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu


C.     Indikator
Bahasa Indonesia
1.         Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks deskriptif yang dipelajari

Matematika
1.         Mengukur jarak lompatan dengan melaksanakan alat ukur tidak baku
2.         Membandingkan jarak yang lebih panjang>< lebih pendek

PJOK
1.         Melakukan gerak lompat jauh dengan teknik yang benar

SBDP
1.         Menyanyikan lagu bertema olahraga lancar dan percaya diri sesuai arahan

D.    Tujuan
1.      Dengan praktik langsung, siswa dapat melakukan lompat jauh dengan teknik yang benar
2.      Dengan menggunakan alat ukur tidak baku (tali rafia), siswa dapat mengukur jarak lompatannya
3.      Dengan menggunakan alat ukur tidak baku (tali rafia), siswa dapat membandingkan jarak lompatannya dengan lompatan temannya
4.      Setelah mengukur, siswa dapat membuat tabel data dari hasil pengamatan kegiatan
5.      Dengan kegiatan praktik, siswa dapat menyajikan lagu bertema olahraga dengan percaya diri dan lancar sesuai dengan ketentuan
6.      Dengan mengikuti petunjuk guru, siswa dapat bermain sambil bernyanyi dengan benar

E.     Materi
a.       Pengukuran dengan Lompat Jauh
b.      Bernyanyi Lagu Bertema Olahraga

F.      Pendekatan dan Metode
Pendekatan          : Scientific
Metode     : Inkuiri

G.    Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Mengajak semua siswa berdo'a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
10 menit

2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa


3. Memberitahukan tujuan dari pembelajaran


4. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang "Gemar Berolahraga"

Inti I

1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan.
 85 menit
Pengukuran
2.  Guru mengajak siswa ke halaman/lapangan sekolah.

Dengan
3.  Siswa diminta membawa buku siswa dan alat tulis.

Lompat Jauh
4. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok.

5. Siswa mendengarkan penjelasan tentang pengamatan yang akan dilakukan, yaitu sebagai berikut.

-          Siswa melompat mulai dari garis awal yang telah ditentukan.
-          Tempat siswa mendarat diberi tanda dengan kapur tulis atau kayu (jika dilakukan di lapangan tanah).
-          Semua anggota kelompok melakukan hal yang sama.
-          Semua anggota kelompok membandingkan jarak lompatan

6. Dengan bimbingan guru, siswa mengisi tabel hasil pengamatan yang ada pada buku siswa.


7. Siswa melakukan satu kali lagi lompatan dan menuliskan hasil pengamatannya.


8. Guru dan siswa mendiskusikan hasil pengamatan kegiatan lompat jauh.

9.  Guru membacakan pertanyaan pada buku siswa dan siswa menuliskan jawabannya dengan bahasa sederhana.
10. Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan bacaan di buku siswa.
Penilaian Proses:


1. Guru menilai kemampuan melakukan lompat jauh dengan cara     yang benar


2. Guru menilai kemampuan membandingkan lompatan yang paling jauh dan paling dekat


Example dan non example:


Guru memberikan contoh gerakan lompat jauh




Istirahat
15 menit
Inti II
9. Siswa memperhatikan teks lagu Basri Jago Kasti.
85 menit
Bernyanyi
10. Guru mengajarkan lagu Basri Jago Kasti.

Lagu    Bertema
11. Siswa menyanyikan lagu bersama-sama.

Olahraga
12. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.


13. Siswa mendengarkan penjelasan tentang kegiatan “menyambung lagu”. Berikut ini adalah aturannya:


-          Setiap kelompok secara bergiliran menyanyikan sebaris lagu.


-          Guru menunjuk kelompok yang pertama kali menyanyikan baris pertama lagu.


-          Guru akan menunjuk kelompok menyanyikan lagu secara acak.


-          Setiap kelompok diharapkan selalu dalam keadaan siap.


 14. Pada akhir kegiatan setiap kelompok maju ke depan kelas   untuk menyanyikan lagu tersebut.

Penilaian Proses:
1.      Guru menilai kekompakan hafal lagu yang dinyanyikan.
2.      Guru menilai kekompakan kelompok dalam bernyanyi.
Example dan Non Example:
Guru memberikan contoh bernyanyi lagu Basri Jago Kasti
Penutup

1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
15 menit

2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)


3. Melakukan penilaian hasil belajar


4. Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)


Mengamati sikap siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)


Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa, maka setelah selesai kegiatan berdoa, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan.


H.    Sumber
·         Diri anak
·         Lingkungan Keluarga
·         Lingkungan Sekolah

I.       Media
·         Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas I
·         Kapur tulis/kayu
·         Tali rapia
·         Teks lagu Basri Jago Kasti

J.       Penilaian
a.       Pendekatan : Penilaian Autentik
b.      Prosedur:
1.      Penilaian Proses
2.      Penilaian Hasil

Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Lompat Jauh
No.
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Kemampuan melakukan gerakan lompat jauh dengan cara yang benar
2.
Kemampuan membandingkan lompatan yang paling jauh dan paling dekat
Catatan: guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa

Hasil Pengamatan Kegiatan Permainan
No.
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Terlihat
(√)
Belum Terlihat
(√)
Terlihat
(√)
Belum Terlihat
(√)
1.
Abdul Jalil




2.
Ahmad Sodiqin




3.
Arum Sari P.




4.
Ani Kurniawati




5.
Emiliana




6.
Erna Juliawati




7.
Fitri Aprilianti




8.
Gustiawan




Catatan: guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa


Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bernyanyi Berkelompok
No.
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Kelompok hafal lagu yang dinyanyikan
2.
Kekompakan kelompok dalam bernyanyi
Catatan: guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa

Hasil Pengamatan Kegiatan Permainan
No.
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Terlihat
(√)
Belum Terlihat
(√)
Terlihat
(√)
Belum Terlihat
(√)
1.
Abdul Jalil




2.
Ahmad Sodiqin




3.
Arum Sari P.




4.
Ani Kurniawati




5.
Emiliana




6.
Erna Juliawati




7.
Fitri Aprilianti




8.
Gustiawan




Catatan: guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa


Pontianak,       April 2014
Mengetahui                                                             Mahasiswa
Dosen


                                                                              Desstya Hilda Winarso
                                                                             
NIP                                                                       NIM F32111005

Posting Komentar