Nama Sekolah :
Kelas/Semester : 1 / 1
Tema/Subtema : Kegemaranku (2)/ Gemar Berolahraga
(1)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi Waktu :
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud
dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman
dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
3.5 Membandingkan dengan memperkirakan panjang
suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
PJOK
4.1.
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi
konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
SBDP
4.7 Menyanyikan lagu
anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
C.
Indikator
Bahasa Indonesia
1.
Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks deskriptif yang dipelajari
Matematika
1.
Mengukur jarak lompatan dengan
melaksanakan alat ukur tidak baku
2.
Membandingkan jarak yang lebih
panjang>< lebih pendek
PJOK
1.
Melakukan gerak lompat jauh dengan teknik yang benar
SBDP
1.
Menyanyikan lagu bertema olahraga lancar dan percaya diri sesuai arahan
D. Tujuan
1.
Dengan praktik langsung, siswa dapat melakukan lompat jauh dengan teknik
yang benar
2.
Dengan menggunakan alat ukur tidak baku (tali rafia), siswa dapat mengukur jarak
lompatannya
3.
Dengan menggunakan alat ukur tidak baku (tali rafia), siswa dapat
membandingkan jarak lompatannya dengan lompatan temannya
4.
Setelah mengukur, siswa dapat membuat tabel data dari hasil pengamatan
kegiatan
5.
Dengan kegiatan praktik, siswa dapat menyajikan lagu bertema olahraga dengan
percaya diri dan lancar sesuai dengan ketentuan
6.
Dengan mengikuti petunjuk guru, siswa dapat bermain sambil bernyanyi dengan
benar
E.
Materi
a.
Pengukuran dengan Lompat Jauh
b.
Bernyanyi Lagu Bertema Olahraga
F.
Pendekatan dan Metode
Pendekatan : Scientific
Metode : Inkuiri
G.
Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo'a menurut agama dan keyakinan masing-masing
(untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
|
10 menit
|
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
|
||
3. Memberitahukan tujuan dari pembelajaran
|
||
4. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang "Gemar
Berolahraga"
|
||
Inti I
|
1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan
dilakukan.
|
85 menit
|
Pengukuran
|
2.
Guru mengajak siswa ke halaman/lapangan sekolah.
|
|
Dengan
|
3. Siswa diminta
membawa buku siswa dan alat tulis.
|
|
Lompat Jauh
|
4. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok.
|
|
5. Siswa mendengarkan penjelasan tentang pengamatan yang akan dilakukan,
yaitu sebagai berikut.
|
||
-
Siswa melompat mulai dari garis awal yang telah ditentukan.
|
||
-
Tempat siswa mendarat diberi tanda dengan kapur tulis atau kayu (jika
dilakukan di lapangan tanah).
|
||
-
Semua anggota kelompok melakukan hal yang sama.
|
||
-
Semua anggota kelompok membandingkan jarak lompatan
|
||
6. Dengan bimbingan guru, siswa mengisi tabel hasil pengamatan yang ada
pada buku siswa.
|
||
7. Siswa melakukan satu kali lagi lompatan dan menuliskan hasil
pengamatannya.
|
||
8. Guru dan siswa mendiskusikan hasil pengamatan kegiatan
lompat jauh.
|
||
9. Guru membacakan
pertanyaan pada buku siswa dan siswa menuliskan jawabannya dengan bahasa
sederhana.
|
||
10. Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan bacaan di
buku siswa.
|
||
Penilaian Proses:
|
||
1. Guru menilai kemampuan melakukan lompat jauh dengan
cara yang benar
|
||
2. Guru menilai kemampuan membandingkan lompatan yang
paling jauh dan paling dekat
|
||
Example dan non example:
|
||
Guru memberikan contoh gerakan lompat jauh
|
||
Istirahat
|
15 menit
|
|
Inti II
|
9. Siswa memperhatikan teks lagu Basri Jago Kasti.
|
85 menit
|
Bernyanyi
|
10. Guru mengajarkan lagu Basri Jago Kasti.
|
|
Lagu Bertema
|
11. Siswa menyanyikan lagu bersama-sama.
|
|
Olahraga
|
12. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
|
|
13. Siswa mendengarkan penjelasan tentang kegiatan
“menyambung lagu”. Berikut ini adalah aturannya:
|
||
-
Setiap kelompok secara bergiliran menyanyikan sebaris lagu.
|
||
-
Guru menunjuk kelompok yang pertama kali menyanyikan baris pertama lagu.
|
||
-
Guru akan menunjuk kelompok menyanyikan lagu secara acak.
|
||
-
Setiap kelompok diharapkan selalu dalam keadaan siap.
|
||
14. Pada akhir kegiatan setiap kelompok maju ke
depan kelas untuk menyanyikan lagu
tersebut.
|
||
Penilaian Proses:
|
||
1.
Guru menilai kekompakan hafal lagu yang dinyanyikan.
|
||
2.
Guru menilai kekompakan kelompok dalam bernyanyi.
|
||
Example dan Non Example:
|
||
Guru memberikan contoh bernyanyi lagu Basri Jago Kasti
|
||
Penutup
|
1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil
belajar selama sehari
|
15 menit
|
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
|
||
3. Melakukan penilaian hasil belajar
|
||
4. Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
||
Mengamati sikap siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara
melafalkannya dsb)
|
||
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa,
maka setelah selesai kegiatan berdoa, langsung diberi nasehat agar besok
kalau berdoa lebih disempurnakan.
|
H.
Sumber
·
Diri anak
·
Lingkungan Keluarga
·
Lingkungan Sekolah
I.
Media
·
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas I
·
Kapur tulis/kayu
·
Tali rapia
·
Teks lagu Basri Jago Kasti
J.
Penilaian
a.
Pendekatan : Penilaian Autentik
b.
Prosedur:
1.
Penilaian Proses
2.
Penilaian Hasil
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Lompat Jauh
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1.
|
Kemampuan melakukan gerakan lompat jauh
dengan cara yang benar
|
…
|
…
|
2.
|
Kemampuan membandingkan lompatan yang
paling jauh dan paling dekat
|
…
|
…
|
Catatan: guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan
kinerja siswa
Hasil Pengamatan
Kegiatan Permainan
No.
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
Terlihat
(√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
Terlihat
(√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
||
1.
|
Abdul Jalil
|
||||
2.
|
Ahmad Sodiqin
|
||||
3.
|
Arum Sari P.
|
||||
4.
|
Ani Kurniawati
|
||||
5.
|
Emiliana
|
||||
6.
|
Erna Juliawati
|
||||
7.
|
Fitri Aprilianti
|
||||
8.
|
Gustiawan
|
Catatan: guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan
kinerja siswa
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bernyanyi Berkelompok
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1.
|
Kelompok hafal lagu yang dinyanyikan
|
…
|
…
|
2.
|
Kekompakan kelompok dalam bernyanyi
|
…
|
…
|
Catatan: guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan
kinerja siswa
Hasil Pengamatan
Kegiatan Permainan
No.
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
Terlihat
(√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
Terlihat
(√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
||
1.
|
Abdul Jalil
|
||||
2.
|
Ahmad Sodiqin
|
||||
3.
|
Arum Sari P.
|
||||
4.
|
Ani Kurniawati
|
||||
5.
|
Emiliana
|
||||
6.
|
Erna Juliawati
|
||||
7.
|
Fitri Aprilianti
|
||||
8.
|
Gustiawan
|
Catatan: guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan
kinerja siswa
Pontianak, April 2014
Mengetahui Mahasiswa
Dosen
Desstya Hilda Winarso
NIP NIM F32111005